Apple Pie by Tigun Wibisana

Difficulty
menengah
Meal course
Desert
Posted by
Posted on
2 cup
tepung terigu protein rendah
150 gram
mentega blok
1 sdt
gula pasir
9 sdm
air dingin
Apple Pie by Tigun Wibisana

Bahan untuk Apple Filling :

  • 6-7 buah apel merah ukuran besar.
  • 3/4 cup brown sugar (bukan gula merah atau gula jawa).
  • 1/2 cup tepung gandum.
  • 1 sendok teh bubuk kayu manis.
  • 1/4 sendok teh bubuk pala.
  • 1buah jeruk lemon.
  • 50 gram butter, potong dadu kecil-kecil.

https://www.facebook.com/groups/langsungenak/permalink/224055244360494/

#Langsungenak #ResepLangsungenak #KomunitasLangsungenak #FBGroupLangsungenak #LEApplePie

 

  1. Cara membuat Crust/Kulit Pie : Simpan dalam freezer 150 gram butter yg sudah dipotong dadu kecil2. Juga 2 cup tepung gandum. Lakukan ini pada malam sebelum membuat apple pie esok harinya. Cara ini hanya dilakukan bagi yg tinggal di negeri tropis seperti di Asia. Ini karena udara yg lembab dan panas akan sangat mempengaruhi proses percampuran butter dng tepung gandum. Jangan sampai butter meleleh seperti air/minyak ketika proses mencampur dng tepung gandum yg hasilnya pada akhirnya tidak akan membuat crust/kulit pie menjadi krispi, seperti yg kita inginkan. Keluarkan butter dan tepung ini esok harinya.
  2. Tambahkan gula dan garam pada tepung gandum.
  3. Masukkan butter ke dalam food processor dan 1 cup tepung gandum. Putar pada kecepatan tinggi selama 10-15 detik. Jangan lebih dari 15 detik. Baru campurkan lagi sisa 1 cup tepung gandum dan letakkan pada wadah seperti baskom yg cukup besar (glass/stainless-steel bowl). Jika tidak mempunyai food processor (bukan blender), bisa juga menggunakan cara manual biasa dengan tangan. Tapi langkah ini harus dilakukan dng cepat, agar butter tidak meleleh. Caranya: Letakkan 2 cup tepung gandum pada wadah cekung yg cukup besar (glass/stainless-steel bowl). Masukkan 150 gram butter beku. Dengan menggunakan garpu yg kuat dan bagus mutunya (tidak gampang melengkung ketika ditekan), remukkan butter hingga bercampur dng tepung.
  4. Setelah tepung dan butter tercampur, buat lubang di tengah seperti kawah/sumur di tengah campuran tepung & butter.
  5. Masukkan 3 sendok makan air es dan remas dengan jari tangan secepat mungkin, agar tercampur dengan baik. Tambahkan lagi 3 sendok makan air es dan remas lagi dengan tangan secepatnya. Tambahkan sisa 3 sendok air es atau bisa ditambahkan lagi 1-2 sendok makan air es jika ternyata masih belum cukup. Remas lagi hingga tercampur rata. Adonan tidak boleh terlalu basah. Cukup membuat adonan lembab dan menggumpal menjadi satu bola dough.
  6. Bagi menjadi dua bagian dan bentuk seperti bola. Bungkus dlm kain lembab atau kantong plastik (Saya pribadi sangat menghindarkan diri dari semua kantong plastik, karena prinsip ekologi yg saya pegang selama ini). Jika ingin membuat kulit pie seperti bentuk anyaman, bagi dough menjadi 3 bola.
  7. Simpan dalam refrigerator minimum 1 jam, agar dough cukup beristirahat.
  8. Keluarkan dough dan tipiskan satu persatu menggunakan roller kayu di atas meja yg rata. Meja marmer atau meja kayu atau stainless-steel. Lebarnya tergantung lebar pan/loyang pie yang akan digunakan. Proses ini harus dilakukan dng cepat, agar butter tidak sempat meleleh dan mengakibatkan adonan menjadi terlalu elastis seperti karet.
  9. Masukkan lagi ke dlm freezer.
  10. Cara membuat isian / apple pie filling : Kupas semua apel dan buang bagian tengahnya. Iris tipis-tipis. Misalnya 1 apel menjadi 16 slices. Jangan terlalu tipis atau terlalu tebal.
  11. Peras jeruk lemon. Buang isinya. Campurkan ke dalam potongan apel.
  12. Tambahkan gula, tepung gandum, bubuk kayu manis dan bubuk pala. Aduk dengan spatula kayu hingga rata.
  13. Penyelesaian : Masukkan apel ke dalam loyang apple pie yang telah dilapisi kulit/crust. Campuran apel ini akan membukit nantinya. Jangan khawatir. Pada akhirnya ketika dlm oven akan melembek dan turun. Taburkan potongan 50 gram butter di atasnya.
  14. Tutupkan lapisan kulit di atasnya dan rapatkan dengan menggunakan garpu pada seluruh tepi pie.
  15. Buat lubang di tengahnya atau di manapun yg kita inginkan agar udara panas nantinya bisa keluar dari dalam apple pie.
  16. Oles dengan kuning telur di seluruh permukaan kulit pie.
  17. Masukkan ke dalam oven yg telah dipanaskan sebelumnya pada temperatur 225 derajat Fahrenhiet atau 110 derajat Celcius selama sekitar 40-45 menit.
  18. Alasi loyang apple pie dengan loyang yang lebih lebar kalau perlu, agar tetesan cairan yg keluar dari apple nantinya tidak menetes di dasar oven. Ini biasanya terjadi, kalau buah apel mengandung banyak air.

No comments yet, be the first to leave one!

Leave a Reply

Note: Comments on the web site reflect the views of their respective authors, and not necessarily the views of this web portal. Members are requested to refrain from insults, swearing and vulgar expression. We reserve the right to delete any comment without notice or explanations.

Your email address will not be published. Required fields are signed with *

*
*