Tips Membuat Es Krim Homemade by Acil Japang

TIPS & SARAN untuk pembuatan ES KRIM HOMEMADE

Akhir-akhir ini saya lihat banyak yang share resep pembuatan es krimnya digrup, beberapa orang mencoba mencoba dan hasilnya tentu ada yang berhasil maupun gagal.
Kegagalan pembuatan menurut saya belum tentu dari resepnya, bisa juga dari bedanya bahan baku atau saat proses pengolahan.
Saya akan berbagi tips yang mungkin bisa dipakai biar es krimnya -mudah mudahan- gak gagal lagi yah.
1. Penggunaan Maizena
Saya rasa jangan over dalam menggunakan maizena, selain bisa bikin es krim gak lembut dan terasa tepungnya saat dimakan.
2. Mengganti Maizena.
Maizena juga bisa diganti dengan agar-agar bubuk atau gelatine halal. Saya sendiri bikin es krim dengan gelatine, beli secara online. Harganya cukup mahal perkilo mulai 150ribu sampai 250 ribu perkilo untuk yang halal.
Takarannya tetap sama seperti maizena yang ada diresep dan dimasak bersama adonan susu.
3. Penyaringan air susu setelah dimasak.
Kadang hal ini banyak tak tertera dalam resep, pemyaringan susu setelah dimasak akan membuat adonan dasar es krim bebas dari gumpalan-gumpalan yang ada dalam susu.
4. Penggunaan Air
Daripada menggunakan air, saya lebih suka menggunakan susu cair full cream. Selain membuat rasa es krim enak, menggunakan susu cair juga bikin es krim terhindar dari terpisahnya susu dengan air dalam es krim. Kadang saat membekukan es krim, air dari adonan es krim bisa muncul diatas atau dibagian dasar es krim.
5. Penambahan Susu Bubuk.
Susu bubuk bikin es krim lebih lembut dan creamy, untuk takarannya 1 bungkus susu bubuk [email protected]*w untuk 500ml adonan susu atau setara 25-30gr susu bubuk biasa.
6. Proses Mixer.
Saya sarankan saat proses memixer es krim pakai kecepatan tertinggi mixer, sebisa mungkin mixer bergerak keseluruh arah wadah dan terus bergerak agar es krim mengembang lebih cepat dan optimal. Kurang lebih seperti mengocok telur untuk kue.
7. Penambahan TBM
Yang saya lihat biasanya resep cuma memakai SP saja. Saya sarankan tambahkan juga TBM untuk melembutkan, takarannya adalah kalau dalam resep tertera 2 sdm SP, maka untuk penggunaannya adalah 1 sdm SP dan 1 sdm TBM. Lalu tim bersama, gunakan kalau sudah tak terlalu panas atau dingin.

Semoga bermanfaat tipsnya, mudahan gak ada yang gagal lagi yah.

https://web.facebook.com/groups/langsungenak/permalink/1498998950199444/

#Langsungenak #ResepLangsungenak #FBGroupLangsungenak #KomunitasLangsungenak
#LETipsEsKerimHomemade

No comments yet, be the first to leave one!

Leave a Reply

Note: Comments on the web site reflect the views of their respective authors, and not necessarily the views of this web portal. Members are requested to refrain from insults, swearing and vulgar expression. We reserve the right to delete any comment without notice or explanations.

Your email address will not be published. Required fields are signed with *

*
*